Jumat, 05 April 2013

UJUD MIMPI LEWOTANA TERCINTA


CATATAN DARI HASIL PEMIKIRAN SEORANG MAHASISWI DAN UJUD MIMPI MASA DEPAN BAGI LEWO-TANA KEBANGGAANNYA
Kabupaten lembata merupakan kabupaten yang terdiri dari sebuah pulau terletak diujung pulau flores. Kabupaten pecahan kabupaten flores timur ini beribukotakan lewoleba, kota kecil di teluk dengan potensi alam yang memadai. Melihat konteks kaupaten sebagai kabupaten yang tersiri dari sebuah pulau, dapat dilihat bahwa daerah ini memiliki pantai yang dapat menjadi potensi ekonomi. Keadaan alam yang alami, indah dan terlindungi menjadikan daya tarik tertentu bagi pariwisata.
Sebuah pemikiran yang menarik ketika menjadikan kabupaten lembata merupakan kabupaten yang sedang menata diri untuk menjadi sebuah kabupaten yang mapan walaupun telah lebih dari satu dekade berdiri. Tidak perlu sumber ekonomi yang muluk-muluk seperti pertamangan emas yang bahkan kemungkinan belum tentu lolos dari analisa lingkungan dan sosial masyarakat.
Pariwisata juga merupakan “tambang emas” dengan keuntungan yang bahkan jauh loebih besar jika dibandinkan kontrak seratus tahun penggunahan lahan pertambangan. Tapi tentu saja butuh pengelolaan yang efektif dan efisien sama seperti perencanaan ekonomi pada umumnya. Potensi-potensi yang telah ada dijaga kelestarianya, mungkin lima sampai sepulh kedepan lembata dapat menyaingi propinsi bali yang mampu mendatangkan kurang lebih jutaan wisatawan domestik maupun luar negeri.
PENGELOLALAAN PARIWISATA pada daerah PANTAI ITU SEPERTI APA?
Pengelolaan pantai yang baik dapat menjadi komoditi utama hasil jasa yang dpat ditawarkan oleh lkabupaten lembata. Dataran yang dikelilingi lautan ini dan teluk yang terlindungi menjadikan pantai-pantai di pulau ini indah. Tapi untuk dapat memasarkanya perlu dibuat sesuatu yang menarik, sama seperti kita jika menjual sesuatu dengan kualitas yang baik diperlukan juga sebuah kover yang menarik.  Pengembangan daerah pantai mejadi pilhan utama dengan desain yang terarah dan tujuan yang tepat. Mengembangkan daerah pantai merupakan hal yang gampang-gampang susah.
Beberapa pemikiaran yang salah yang terbentuk dalam pemikiran masyarakat luas khususnya masyarakat lembata perlu diluruskan. Beberapa pemikiran yang tertanam antara lain adalah jika sebuah pantai yang alami adalah pantai yang indah. Tapi apakah pantai yang alami tanpa pengembangan dan bantuan pemeliharaan dari manusia dapat menjadi baik.
Tercantum dalam UU No. 7 tahun 2008 tentang sumber daya air,  dalam pengelolaan pantai perlu diperhatikan 5 aspek pengelolaan.
1.    Konservasi daerah pantai
a.    Perlindungan daerah pantai
b.    Pngawetan daerah pantai
c.    Pengelolaan kualitas daerah pantai.
d.    Pengendalian daerah pencemaran daerah pantai.
2.    Pendaya gunaan daerah pantai
a.    Penatagunaan daerah pantai
b.    Penyediaan daerah pantai
c.    Pengguanaan daerah pantai
d.    Pengembangan daerah pantai
e.    Pengusahaan daerah pantai
3.    Pengendalian kerusakan daerah pantai
a.    Upaya pencegahan
b.    Upaya penaggulangan
c.    Upaya pemulihan
4.    Sistem informasi daerah pantai
a.    Pengelolaan sistem informasi hidrologi
b.    Pengelolaan sistem informasi hidrometreologi
c.    Pengelolaan sistem informasi hidrogeologi
5.    Pemberdayaan masyarakat
Dengan pengelolaan memadai, bahkan pantai yang telah terlanjur russak oleh tangan manusia taupun akibat bencana alam. Alam memang memang menyediakan perlindunga  pantai secara alami  tapi dengan cempur tangan manusia maka alam akan lebih cepat memperbaiki dirinya aleh karena kecerdasan yang dianugerhakan kepanda manusia.
Hal pertama yang dialkukan adalah master plan yang jelas dalam pengelolaan pantai yang diarahkan menjadi daerah pariwisata yang bahkan akan sanagat menguntungkan. Dengan adanya master paln maka bisa kemungkinan dapat dipikirkan kategori seperti apa pantai-pantai yang tersedia dapat dikemas. Jadi dalam pengembangannya sebelumadanya pemabngunan, syarat dari dari reklamasi, konservasi dan rehabilitasi natural protection perlu diperhatikan.
Mencontohi singapura yang dalam pemabngunan suatu daerah, syara palin utama adalah adanya reklamasi merupakan hal yang perlu dicontohi. Dengan demikian pantai tetap terjaga keindahannya dan tetap nyaman untuk dikunjungi.  Selain keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan, reklamasi dapat mencegah terjadinya erosi.
Upaya perlindungan atau konservasi pun dapat dilakuan misalnya perlindungan/ recoveri daerah terumbu karang. Selain menjaga adanya kerusakan pada pantai, hal positif lain adalah kemasan produk wisata bawah laut yang indah yang dapat ditawarkan. Bahkan banyak proyek wisata, yang menepatkan hotel dibawwah laut yang dibangun menjadi sah-sah saja jika menutamakan perlindungan linkungan.  Beberapa pembangunan bdibibir pantai yang sesuai standar dan syarat  akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Mengingat beberapa gedung yang dibangun dibibir pantai sengaja didesain untuk perlindungan kota dari ancaman dan momok yang terjadi pada kota di tepi laut”badai dan tsunami.”
Pembangunan bangunan-bangunan dibibir pantai pun menjadi hal utama dalam memberikan kenyaman wisatawan dan pemabngunan tentu saja denga memperhatikan aspk keindahan sebagai produk jasa yang mumpuni.
 
Tembok laut dan revetmen di makasar

Pemecah gelombang dan groin dilepas pantai

Konstruksi groin lepas pantai  daerah pantai nusa dua.

Beberapa contoh diatas merupakan salah satu dari sekian banyak ayang bisa dilakukan dalam usaha memajkanpariwisata. Banyak manfaat yang didapatkan  dari sekedar membuka lahan ujntuk pariwisata tanpa adanya usaha unuk mengelola dan menjaga kondis pantai.
Sempadan pantai juga merupakan salah satu aspek pengeolaan pantai yang ramah lingukangan dan sebagai penciptaaan kover perlindungan pantai. Berikut contoh dari pengembangan sempadan pantai yang dapat dijadikan acuan, dan mungkin sebagai pemikiran bersama jka ada di kabupaten tercinta kita ini.

Terimakasih kepada prof. Nur Yuwono guru besar UGM . Yang membuka sedikit pemikaran saya tenatang masa depan kabupaten saya.PANDANGAN ini disampaikan berdasarkan disiplin ilmu yang saya pelajari di kampus TEKNIK SIPIL , UNDANA dalam masa pendidikan saya yang cukup lama ini. Diminta saran dan kritik yang membangun YA?!?!?! Hehehehehe……

1 komentar: